SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER
(UTS) HADITS TARBAWY
Perguruan
tinggi : Universitas Muhammadiyah
Metro
Program studi : PAI & KPI
Semester : V
Tahun
akademik : 2013/2014
Sifat ujian : Take Home Exam
Dosen
pengampu : Cahaya Khaeroni, S.Pd.I,
M.Pd.I
Jawablah
pertanyaan berikut:
1.
Apa yang anda
ketahui tentang pengertian hadits tarbawy? Lalu, bagaimanakah menurut anda mengenai
peran dan kontribusi kajian hadits tarbawy dalam diskursus pendidikan
kontemporer?
2.
Terjemahkan
dan jelaskan apa yang dimaksud hadits berikut:
حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ يَحْيَى التَّمِيمِيُّ وَأَبُو
بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ وَمُحَمَّدُ بْنُ الْعَلَاءِ الْهَمْدَانِيُّ وَاللَّفْظُ
لِيَحْيَى قَالَ يَحْيَى أَخْبَرَنَا و قَالَ الْآخَرَانِ حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ
عَنْ الْأَعْمَشِ عَنْ أَبِي صَالِحٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: ... وَمَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا
سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ بِهِ طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّة...
3.
Terjemahkan
dan Jelaskan peranan metode sebagaimana tertuang dalam hadits berikut, kemudian
tuliskan dan jelaskan macam-macam metode yang tertuang dalam hadits-hadits Nabi
saw:
عَنْ إِبْنِ عَبَّاسٍ رَضِىَ اللهُ عَنْهُ قَالَ:قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى
اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: عَلِّمُوْاوَيَسِّرُوْا،وَلاَ تُعَسِّرُوا، وَبَشِّرُوا
وَلاَ تُنَفِّرُوا فَإِذَا غَضِبَ أَحَدُكُمْ فَلْيَسْكُتْ (حديث صحيح راوه أحمد و
البخاري)
4.
Bagaimanakah
kedudukan seorang pendidik menurut Rasulullah? Dan seperti apakah
kriteria-kriteria ideal bagi seorang pendidik dalam perspektif hadits tarbawi?
5.
Menurut anda
seperti apakah sesungguhnya konsep pendidikan yang ideal jika ditinjau dari
perspektif kajian hadits-hadits tarbawi?
Selamat
mengerjakan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar