Kamis, 21 November 2013



SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS) FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM
Perguruan tinggi          : Universitas Muhammadiyah Metro
Program studi              : PAI
Semester                      : V
Tahun akademik          : 2013/2014
Sifat ujian                    : Take Home Exam
Dosen pengampu        : Cahaya Khaeroni, S.Pd.I, M.Pd.I

Jawablah pertanyaan berikut:
1.      Apa yang anda ketahui tentang filsafat pendidikan Islam? Lalu, adakah titik perbedaannya antara filsafat pendidikan islam dengan filsafat pendidikan? Jelaskan!

2.      Dalam kajian FPI, dikenal tiga istilah dalam mendefinisikan hakekat pendidikan, yaitu; ta’lim, tarbiyah, dan ta’dib. Menurut anda istilah manakah yang lebih tepat dan sesuai untuk menjelaskan hakekat pendidikan?


3.      Apa yang anda ketahui tentang ontologi, epistemologi dan aksiologi dalam filsafat pendidikan Islam?

4.      Apakah yang dimaksudkan dengan pendidikan pembebasan? Apakah pendidikan pembebasan diperlukan? Relevankah jika konsep pendidikan pembebasan dikaitkan dengan konsep filsafat pendidikan Islam? 


5.      Menurut anda bagaimanakah hakekat insan kamil?

Selamat mengerjakan.


 SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS) HADITS TARBAWY
Perguruan tinggi          : Universitas Muhammadiyah Metro
Program studi              : PAI & KPI
Semester                      : V
Tahun akademik          : 2013/2014
Sifat ujian                    : Take Home Exam
Dosen pengampu        : Cahaya Khaeroni, S.Pd.I, M.Pd.I

Jawablah pertanyaan berikut:
1.      Apa yang anda ketahui tentang pengertian hadits tarbawy? Lalu, bagaimanakah menurut anda mengenai peran dan kontribusi kajian hadits tarbawy dalam diskursus pendidikan kontemporer?

2.      Terjemahkan dan jelaskan apa yang dimaksud hadits berikut:
حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ يَحْيَى التَّمِيمِيُّ وَأَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ وَمُحَمَّدُ بْنُ الْعَلَاءِ الْهَمْدَانِيُّ وَاللَّفْظُ لِيَحْيَى قَالَ يَحْيَى أَخْبَرَنَا و قَالَ الْآخَرَانِ حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ عَنْ الْأَعْمَشِ عَنْ أَبِي صَالِحٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: ... وَمَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ بِهِ طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّة...
3.      Terjemahkan dan Jelaskan peranan metode sebagaimana tertuang dalam hadits berikut, kemudian tuliskan dan jelaskan macam-macam metode yang tertuang dalam hadits-hadits Nabi saw:
عَنْ إِبْنِ عَبَّاسٍ رَضِىَ اللهُ عَنْهُ قَالَ:قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: عَلِّمُوْاوَيَسِّرُوْا،وَلاَ تُعَسِّرُوا، وَبَشِّرُوا وَلاَ تُنَفِّرُوا فَإِذَا غَضِبَ أَحَدُكُمْ فَلْيَسْكُتْ (حديث صحيح راوه أحمد و البخاري)
4.      Bagaimanakah kedudukan seorang pendidik menurut Rasulullah? Dan seperti apakah kriteria-kriteria ideal bagi seorang pendidik dalam perspektif hadits tarbawi?

5.      Menurut anda seperti apakah sesungguhnya konsep pendidikan yang ideal jika ditinjau dari perspektif kajian hadits-hadits tarbawi?

Selamat mengerjakan.